Profil Sekolah
Visi dan Misi
- VISI MTS Tarqiyatulhimmah Pabelan
Mencetak peserta didik yang cerdas terampil dan agamis (CERRIA)
MISI MTS Tarqiyatulhimmah Pabelan
1. Menyelenggarakan pendidikan dengan pembelajaran efektif, inovatif, dan berkualitas untuk mencapai pribadi yang cerdas baik dalam berpikir dan bersikap,
2. Menyelenggarakan pendidikan bernuansa Islam (agamis) dan berakhlakul Karimah,
3. Menumbuhkan budaya terampil dalam ilmu pengetahuan dan teknologi,
4. Menyelenggarakan pembinaan, pelatihan untuk menggali dan menumbuhkembangkan minat, bakat peserta didik yang berpotensi tinggi agar berkembang maksimal.
Sejarah Singkat
MTs Tarqiyatul Himmah Pabelan berdiri di Desa Kauman Lor, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang. Kegiatan belajar mengajar telah dilaksanakan sejak 01 Agustus 1962 yang dulunya Madrasah ini bernama Pendidikan Guru Agama IV TAHUN Nahdlatul Ulama. MTs ini di bawah naungan Lembaga Ma’arif NU
Didirikannya MTs Tarqiyatul Himmah ini dengan latar belakang antara lain untuk mewujudkan program organisasi dibidang kependidikan gerakan warga Nahdliyyin untuk kaderisasi membantu pemerintah Indonesia dalam usaha mencerdaskan bangsa.
Sebagai lembaga formal berbasis Islam yang mempunyai dasar tujuan yaitu untuk meningkatkan pengajaran keislaman berdasarkan pada paradigma Ahli Sunnah Wal Jama’ah, untuk mengakomodasi siswa yang lulus dari MI atau SD yang tidak diterima di sekolah negeri, untuk mempertebal iman dan taqwa generasi penerus serta memperluas wawasan pengetahuan umum dan untuk meringankan beban warga UN khususnya di kecamatan Salatiga LK saat itu yang mempunya anak usia sekolah.
Adapun tokoh-tokoh pendiri MTs. Tarqiyatul Himmah Pabelan ini adalah :
1. KH. Masyhadi (Kauman Lor)
2. KH. Yusuf Nawawi (Giling)
3. KH. Asnawi (Padaan)
4. KH. Zainudin (Bejaten)
5. KH. Suchaimi (Kadirejo)
6. Masyhadi (Semowo)
7. Nahrowi (Giling)
8. R.H. Affandi (Pabelan)
9. Kusnan (Karang Tengah)
10. Irfani (Bejaten)
Sarana & Prasarana
Berikut ini adalah sarana dan prasarana yang ada di sekolah :
- Kelas 7 A
- Kelas 7 B
- Kelas 8 A
- Kelas 8 B
- Kelas 9 A
- Kelas 9 B
- Ruang Kepala Sekolah
- Ruang Tata Usaha
- Ruang Guru
- Ruang Osis
- Ruang BK/BP
- Ruang Piket
- Ruang UKS
- Perpustakaan
- Parkir
- WC Guru
- WC Laki-laki
- WC Perempuan
- Koperasi
Struktur Organisasi
Struktur organisasi sekolah akan kami update disini
Kepala Sekolah
NENENG ANTIK M, S.S.
Lahir di Kab Semarang, 30 Januari 1983
Lulus SMA 2001 melanjutkan kuliah di UNNES jurusan Sastra Indonesia lulus tahun 2005
Mulai menjadi guru MTs. Tarqiyatul Himmah
Pabelan tahun 2005 Diangkat menjadi Kepala Sekolah tahun 2020.
Program Kerja
Program Unggulan
1. Menjadi Sekolah Standar Nasional (SSN)
2. Mengembangkan Sikap dan Kompetensi Keagamaan
3. Mengembangkan Potensi Siswa Berbasis Multiple Intelligance
4. Mengembangkan Budaya daerah
5. Mengembangkan Kemampuan bahasa dan Teknologi Informasi
6. Meningkatkan Daya serap Ke sekolah lanjutan
Program Pengembangan Sarana Prioritas
1. Membangun 5 Ruang kelas Belajar dengan konstruksi bangunan 2 tingkat
2. Membangun 1 ruang Belajar di lantai 2 gedung lama
3. Membangun Ruang Lab Praktek 3 buah
4. Pembangunan Kantin Siswa
5. Perbaikan dan Pengecetan Lapangan Olah Raga
6. Pengembangan Jaringan Infrastruktur LAN (Intranet dan Internet)
7. Pengembangan Sistem Informasi Sekolah (SIS)
8. Melengkapi Sarana dan Prasarana Perpustakaan dan Lab Komputer
9. Renovasi Aula
10. Renovasi Tampilan Depan Skolah/Gerbang Sekolah
11. Melengkapi alat praktek
Komite Sekolah
Semenjak diluncurkannya konsep Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah dalam sistem manajemen Madrasah, Komite Madrasah sebagai organisasi mitra, memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya turut serta mengembangkan pendidikan di Madrasah. Kehadirannya tidak hanya sekedar sebagai stempel Madrasah semata, khususnya dalam upaya memungut biaya dari orang tua siswa, namun lebih jauh Komite Madrasah harus dapat menjadi sebuah organisasi yang benar-benar dapat mewadahi dan menyalurkan aspirasi serta prakarsa dari masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di Madrasah serta dapat menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di Madrasah.
Agar Komite Madrasah dapat berdaya, maka dalam pembentukan pengurus pun harus dapat memenuhi beberapa prinsip/kaidah dan mekanisme yang benar, serta dapat dikelola secara benar pula. Susunan pengurus Komite Madrasah adalah sebagai berikut:
Ketua : H. Daroji. S.Pd.I.
Sekretaris : Doyo Santosa, S.AP.
Bendahara : Abdul Halim
Anggota 1 : Taufiq Ismail, S.Pd.
Anggota 2 : M. Riqul
Anggota 3 : Anas Fitriyadi, A.Md.
Anggota 4 : M. Tunggul Wahyono, S.H.
Prestasi Siswa
Prestasi di Bidang Akademik : akan kami tampilkan di sini
Prestasi di Bidang Non-Akademik : akan kami tampilkan di sini
Share this